Ilustrasi. Seorang nenek bersama cucu/dok. Instagram @caesar_captures
Ilustrasi. Seorang nenek bersama cucu/dok. Instagram @caesar_captures

Belumtitik.com – Ada kepercayaan yang beredar bahwa kakek nenek lebih sayang kepada cucu ketimbang anaknya sendiri. Itu sebabnya, kadang-kadang ada kakek nenek yang rela membantu pengasuhan anak, meskipun sudah ada pengasuh.

Ternyata menghabiskan waktu bersama dengan kakek nenek punya banyak manfaat bagi anak. Hal itu sudah beberapa kali dibuktikan dalam penelitian.

Hal pertama yang diajarkan nenek adalah sejarah dan hal-hal emosional yang pernah dihadapi keluarga. Itu membuat anak memiliki pikiran yang lebih tajam dan tangguh. Mereka tahu bagaimana bangkit kembali dan melawan tantangan yang mereka hadapi.

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Oxford mengungkapkan, anak-anak yang tumbuh bersama kakek nenek memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai masalah dan mampu mengatasi segala jenis trauma. Ini akan mengurangi risiko depresi ketika mereka tumbuh sebagai orang dewasa.

Kakek nenek juga dapat membantu anak belajar nilai-nilai moral yang baik kepada anak-anak. Kakek nenek biasanya punya banyak kisah yang bisa mengajarkan tentang empati dan kebaikan.

Anak-anak juga dapat mengalami kesepian, terutama ketika keduaorang tua bekerja. Mereka jadi sulit berhubungan dengan orang tua di jam-jam kerja. Di saat itulah kakek nenek dapat mengisi kekosongan.

Bukan hanya untuk anak, ini juga baik untuk kakek nenek. Dalam sebuah penelitian, kakek nenek yang merawat anak-anak rata-rata memiliki usia hidup lebih panjang lima tahun. Sebab, kecil kemungkinan mereka menderita masalah kesepian dan kecemasan. Tapi tentu, ini bukan berarti orang tua menyerahkan seluruh pengasuhan anak kepada kakek nenek ketika bekerja. [TIMES OF INDIA]

Leave a Reply